PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET
Main Authors: | ., Kadek Arya Dwi Antara, ., Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd., ., Made Agus Wijaya, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11214 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11214/7162 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (passing overhead pass dan passing chest pass). Penelitian merupakan penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the pretest post-test control group design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Karya Wisata Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel berjumlah 46 orang siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas XI IPB 5 dan kelas XI IPB 6. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar terdiri atas 1) aspek kognitif, menggunakan tes essay, 2) aspek afektif, menggunakan observasi sikap siswa selama pembelajaran, dan 3) aspek psikomotor, menggunakan observasi kinerja passing bola basket. Tahapan analisa data terdiri atas: 1) uji prasyarat, menggunakan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homegenitas Levene’s Test of Equality of Error Variance, serta 2) Uji hipotesis, menggunakan uji-t pada taraf signifikansi p