PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya)

Main Authors: AFRIANTO, FARIS, CHRISTINA YULI HARTAT, SASMINTA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9953
Daftar Isi:
  • Abstrak Kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani harus diprogram dengan baik dan benar-benar tepat sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa dan sekolah, hal ini terkait dengan bentuk/model, lama, tingkat kesukaran pembelajaran yang diterapkan. Seperti halnya dengan pendekatan bermain dan drill, pendekatan ini merupakan salah satu cara belajar dimana pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk modifikasi permainan. Melalui pendekatan ini siswa diberi kebebasan untuk mengekspresikan kemampuannya dan siswa dapat memliki kreativitas dan berinisiatif untuk memecahkan masalah yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu pendekatan modifikasi permainan dikembangkan juga unsur kompetitif, sehingga siswa saling berlomba untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kondisi seperti ini diharapkan siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan pendekatan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran penjasorkes. (2) Besarnya pengaruh penerapan pendekatan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran penjasorkes. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya dengan jumlah yang diambil sebanyak 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket Formative Class Evaluation dan lembar observasi Dikjasor. Hasil Penelitian: rata-rata skor FCE siswa pertemuan I sebesar 2,39 (kategori sedang), sedangkan pada pertemuan II sebesar 2,75 (kategori baik). Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran penjasorkes pada pertemuan I dan II terjadi peningkatan yaitu sebesar 14,96%. Perhitungan uji t menunjukan nilai thitung 5,195 > nilai ttabel 2,040. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa penerapan pendekatan modifikasi permainan bolavoli berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya. Kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektifitas pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil análisis bahwa thitung > ttabel sebesar 5,195 > 2,040, dengan taraf signifikansi 0,05. (2) Besarnya pengaruh penerapan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektifitas pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya adalah sebesar 14,96%. Kata Kunci: Efektivitas, Modifikasi, Permainan, Bolavoli, Penjasorkes. Abstract The activities of sport education learning should be well programmed and corrected suitable in the condition and characteristic of student and school, this is related to the form / model, time, stage of difficulty of learning which is applied. Such as with the way of playing and drill, this is one of the way of learning which the application into the form of playing modification. Through this way, student is given free to express his or her capability and student has creativity and inisiative to solve the problem may appear during process of learning. Beside that, the way of playing modification also develop the competitive point, so student can competitive to show the best skill. Through the condition hopefully student can more active to follow the learning and to increase effectivity of learning. The goal of research is to know : (1) The imfluence of application of volley ball playing modification towards effectivity of sport education learning, sport and health. (2) The great of influence of volley ball modification application towards effectivity of sport education learning, sport and health. This research target is student in class XI, Surabaya 16 state senior high school with the amaunt of 33 students. The type of research is experiment research with comparative quantitative way. Technicque of data collection is clone by questionaire of formative class evaluation and form of sport education learning, sport and health. The result of research : score average of FCE student in first meeting is 2,39 (medium catagory), and in secondly meeting is 2,75 (good catagory), this is explained the sport education learning in the first and second meeting has been increased 14,96%. The test t shows score of t count 5,195 > score t table 2,040 this can be interprated that application of volleyball playing modification give significant  imfluence towards the sport education learnings to the student of class XI, Surabaya 16 state senior high school conclution : (1) there is an significant imfluence into application of volleyball playing modication towards efectivity of sport education learning to the student of class XI, Surabaya 16 senior high school. It is shown as 5,195 > 2,040, with significanses 0,05. (2) The great imflvence of volleyball playing modification toward effectivity of sport education learning to the stundent of class XI, Surabaya 16 senior high school is a mount of 14,96%. Keywords: Effectivity, Modification, Playing, Volleyball, The sport education learning, sport and health.