PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumberrejo)

Main Authors: WICAKSONO, TEGUH, CHRISTINA YULI HARTAT, SASMINTA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9936
Daftar Isi:
  • Abstrak Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah suatu proses pendidikan dimana lebih menekankan pada gerak tubuh anak. Apabila program pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diselenggarakan di sekolah dapat dikemas dengan benar, maka akan memberi sumbangan yang berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  perlu memiliki dan mampu menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yakni berdasar pada karakteristik siswa. Modifikasi permainan bola tangan merupakan model pembelajaran yang tepat jika menilik karakteristik permasalahan yang ada.  Dimana mayoritas siswa memiliki minat untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang cenderung rendah sehingga proses pembelajaran tidak berjalan maksimal. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa adalah memodifikasi permainan bola tangan tersebut, baik sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran tersebut juga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan bola tangan untuk meningkatkan siswa dalam pembelajaran penjasorkes kelas XI SMA Negeri 1 Sumberrejo, Bojonegoro dan seberapa besar pengaruh itu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa, yang terdiri dari 37 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket minat siswa. Untuk analisis datanya menggunakan t test atau uji t (independent). Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa nilai thitung 6,621 > ttabel  1,990 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain ada pengaruh modifikasi permainan bola tangan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes dan besarnya peningkatan adalah 1,83%. Kata Kunci: Modifikasi Permainan Bola Tangan, Minat Siswa, Pembelajaran Penjasorkes Abstract  Physical, sport and health education is a process of education in which more emphasis is put on the children’s body movement. If the learning program of physical, sport and health education which is held in school can be packed rightly, it will give meaningful contribution to the children’s growth and development. Therefore, it is necessary for physical, sport and health education teacher to have and be capable of using an appropriate learning model, that is based on the characteristics of the students. Modification of handball game is the right learning model considering the characteristics of the issue. Where the majority of the students have rather low interest in attendingthe learning process of physical, sport and health education thus it does not work to the maximum. One of the learning models for increasing students’ interest is modifying the handball game, including the facilities and infrastructure. The aims of this research were to know the influence of the modification of handball game on 37 students of the 11th grade of the science class 1 of SMA Negeri 1 Sumberrejo, Bojonegoro and to know how much the influence was. This research was an experimental research with a descriptive quantitative approach. The subjects of the research were 74 students, which consisted of 37 students of the 11th grade of the science class 1 as the experimental group and 37 students of the 11th grade of the science class 3 as the control group. The sampling technique used was the cluster random sampling. The instrument used was the student’s interest questionnaire. As for the data analysis, independent t-test was used. Based on the calculation, it was known that the value of tscore 6,621 > ttable 1,990 with significance level 0,05.In other words, the modification of handball game had influence in increasing the students’ interest in attending the physical, sport and health education with influence of 1,83%. Keywords: The Modification of Handball Game, Students Interest, the Learning of Physical, Sport and Health Education