PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan)
Main Authors: | ALHASHFI, DANI, Christina Yuli Hartati, Sasminta |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13826 |
Daftar Isi:
- Abstrak Peran seorang guru sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Karena tujuan dari suatu pembelajaran adalah merubah kemampuan peserta didik dari yang tidak menguasai materi sama sekali menjadi dapat menguasai meskipun tidak sempurna. Dalam strategi pembelajaran banyak model pembelajaran yang dapat dipilih dan guru harus dapat memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat untuk dapat diterapkan pada peserta didik sesuai dengan kondisi yang ada. Dengan penerapan model pembelajaran yang efektif diharapkan dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan memberikan pembelajaran yang bervariasi dengan model pembelajaran yang dikemas secara menarik, sehingga siswa akan lebih aktif dan mudah menguasai materi pembelajaran yang diajarkan secara keseluruhan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan adalah modifikasi permainan padapembelajaran bolavoli. Penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan. (2) besarnya pengaruh modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kepada siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, untuk menentukan sampel menggunakan cluster random sampling dari populasi kelas XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan dengan jumlah siswa 180 dari 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dengan jumlah 30 siswa. Dari penelitian secara umum dan berdasarkan hasil perhitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan modifikasi bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran dibuktikan dengan hasil penghitungan nilai t hitung 3,043 > nilai t tabel 1,699 dengan taraf signifikasi 5% (0,05). Adapun pengaruh tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 5,26%. Kata Kunci: Modifikasi Permainan Bolavoli, efektivitas Abstract The role of a teacher is very important in the learning process. Since the purpose of a lesson is to chance the ability of learnes of wich do not master the material at all be able to master though not perfect. In many learning strategy, there are many learning models that can be selected and the teacher should be able to choose a strategy and appropriate to the learning model that can be applied to learning in accordance with existing condition. With the implementation of effective learning model wich is expected to facilitate teacher in implementing the learning by providing a variety of learning with learning models that are attractive in containers, so that student will be more active and easier to master learning materials in teaching as a whole to achieve the learning objectives. In this research, the learning model that applied is a modifications game of vollyball learning. This research objective are : (1) the effect of implementation modification volleyball game on the effectiveness of physical education learning sports and health to the graders of SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan. (2) The amount effect of implementation modification volleyball game on the effectiveness of physical education learning sports and health to the graders of SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan. This research belongs to semi experimental research that use quantitative aprroach. In this research, to determine the samples is used Cluster random sampling from the population of XI graders SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan with amount of 180 student from six classes. This sample research is XI student science 1 with amount of 30 student. From general result of this research and based on the counting analysis data result, it can be concluded that the significant effect of the implementation modification volleyball game on the learning effectiveness proven by t Count > t Table (3,043 > 1,699). With a signifikant level 5%(0,05). Ultimately the effect shows the improvement of learning result 5,26%. Keywords: Modification volleyball game, effectiveness