PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP NEGERI 2 PUPUAN
Main Authors: | ., NI WAYAN UMI UTARI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., DR. LUH PT.MANIK WIDIYANTI, S.Si, M.Kes |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1983 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pupuan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 125 siswa. Sampel penelitian berjumlah 99 siswa yang diambil dengan teknik random kelas. Data yang dikumpulkan meliputi pemahaman konsep dan keterampilan proses. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis MANOVA satu jalur, dengan taraf signifikansi 5%, dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan proses keterampilan proses yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dan model pembelajaran langsung (F=11,578; p