Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Setting STS (Science Technology Society) untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa SMP
Main Authors: | ., NI KADEK SRI INDRIANTINI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., DR. NI MADE PUJANI, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1853 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA kelas VIII SMP dengan setting STS yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develope. Rancangan awal perangkat pembelajaran (draf I) divalidasi oleh ahli dan praktisi melalui FGD yang bertujuan untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran, khusunya penyempurnaan terhadap buku pedoman guru dan buku pedoman siswa. Hasil desk-evaluation oleh guru IPA SMP ini kemudian dianalisis dan direvisi hingga menghasilkan draf II. Selanjutnya dilakukan uji kelas di SMP Negeri 2 Tembuku pada kelas VIII dengan jumlah sampel 26 siswa. Data dikumpulkan dengan Kuisioner, angket, dan lembar observasi, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif tentang validitas, kepraktisan, dan,efektivitas perangkat pembelajaran. Hasil analisis data penelitian diperoleh: 1) validitas perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat valid dengan nilai validitas buku siswa 3,74 dan buku pegangan guru 3,79, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat praktis, dengan nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada kategori sangat praktis, rata-rata respon guru 3,83 dan respon siswa 3,64, dan 3) keefektifan perangkat ditunjukkan oleh peningkatan self-efficacy siswa dengan skor gain ternormalisasi 0,32 yang berada pada kategori sedang dan secara statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan (p