PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMA
Main Authors: | ., THEODORA SARLOTHA NIRMALA MANU, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., PROF.DR. NI PUTU RISTIATI, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1852 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 7 Kupang sebanyak 140 orang. Sebelum pengambilan sampel, siswa diuji menggunakan t-tes untuk mengetahui kesetaraan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar biologi dan angket motivasi berprestasi. Data diolah menggunakan analisis varians (ANAVA) dua arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja dan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung (direct instruction), dengan F= 28,250 > F sig (0,05)=3,10; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan F= 9,319 > F sig (0,05)= 3,10; (3) terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja dan yang mengikuti model pembelajaran langsung pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, dengan Q= 11,929 > Q sig (0,05) = 2,81; (4) terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja dan yang mengikuti model pembelajaran langsung pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dengan Q= 4,250 > Q sig (0,05) = 2,81. Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja berpengaruh terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa dan model pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen kinerja lebih baik daripada model pembelajaran langsung.Kata Kunci : Asesmen Kinerja, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi This study aimed at investigating the effect of problem-based learning model with performance assessment on science achievement viewed from achievement motivation of Senior High School students. This research was quasi experiment and employed post test only control group design. The population of the study was 140 eleventh grade students of SMA N 7 Kupang. Before determining the samples, the students were tested through t-test to know the class equality. The sample of this study used random sampling technique consisted of two experimental groups and two control group. The data were collected through science achievement test and achievement motivation questionnaires. The data were analyzed by using 2-way variants analysis (ANAVA) followed by Tukeytest. The results of the study indicated that: (1) there was difference of science achievement between Senior High School students who were taught through Problem-based Learning model with performance assessment and Senior High School students who were taught through Direct Instruction, wherein F= 28.250 > F sig (0.05) = 3.10; (2) there was significant interaction effect between Problem-based Learning model and achievement motivation on students’ science achievement wherein F= 9.319 > Fsig (0.05) = 3.10; (3) there was difference of science achievement between students who followed Problem-based Learning model with performance assessment and students who followed Direct Instruction model on the students group who had high achievement motivation wherein Q=11.929 > Q sig (0.05) = 2.81; (4) there was difference of science achievement between students who followed Problem-based Learning with performance assessment and students who followed Direct Instruction model on students group who had low achievement motivation wherein Q = 4.250 > Q sig (0.05) = 2.81. On the basis of the results, it is concluded that problem-based learning model with performance assessment affect the Science achievement viewed from students’ learning achievement motivation and this model is better than Direct Instruction model. keyword : Performance Assessment, Science Achievement, Problem-Based Learning Model, Motivation