KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E DAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: ., NI PUTU MERIANA SITA DEWI, ., PROF. I WAYAN SUBAGIA, M.App.Sc.,Ph.D, ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1849
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar pada aspek sikap antara siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dan model inkuiri terbimbing, (2) perbedaan hasil belajar pada aspek pengetahuan antara siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dan model inkuiri terbimbing, dan (3) perbedaan hasil belajar pada aspek keterampilan antara siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan dengan melibatkan empat kelas yang berjumlah 149 siswa. Desain penelitian ini adalah non-equivalent post-test only control group. Kelas-kelas yang dilibatkan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik undian. Data hasil belajar aspek sikap dikumpulkan dengan pemberian angket sikap ilmiah, data hasil belajar aspek pengetahuan dikumpulkan dengan pemberian tes yang berupa soal objektif dan uraian, dan hasil belajar aspek keterampilan dikumpulkan dengan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran siklus belajar 5E dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (t=2,323; sig=0,022). Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran siklus belajar 5E dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (t=-7,913; sig=0,000). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar aspek keterampilan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran siklus belajar 5E dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (t=-2,697; sig=0,011).Kata Kunci : hasil belajar, inkuiri terbimbing, dan siklus belajar 5E This research aimed at describing and explaining: (1) the differences of learning achievement of attitude aspects between students learn using 5E learning cycle model and guided inquiry model, (2) the differences of learning achievement of knowledge aspects between students learn using 5E learning cycle model and guided inquiry model, and (3) the differences of learning achievement of skill aspects between students learn using 5E learning cycle model and guided inquiry model. his research was quasi experiments involving 149 grade XI students. The design of this research was non-equivalent post-test only control group. Lottery technique was use to determined the classes involved in this study. Data of attitude aspects were collected by administering questionnaires scientific attitude, data of knowledge aspects were collected by administering the test (objective and essay), and data of skill aspects was collected by observation sheet. Data were analyzed by descriptive statistics and t-test. The research result showed: First, there were differences of student learning achievement in attitude aspects between student’s who studied by following 5E learning cycle model and guided inquiry model (t=2,323; sig=0,022). Second, there were differences of student learning achievement in knowledge aspects between student’s who studied by following 5E learning cycle model and guided inquiry model (t=-7,913; sig=0,000). Third, there were differences of student learning achievement in skill aspects between student’s who studied by following 5E learning cycle model and guided inquiry model (t=-2,697; sig=0,011).keyword : learning achievement, guided inquiry, and learning cycle 5E