PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Main Authors: | ., I WAYAN SUGIARTANA, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., DR. NI MADE PUJANI, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1848 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa, dengan rancangan The Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 130 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis Varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji t-Scheffe. Hasil penelitiannya menemukan : (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (FA=7.939 dengan α=0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik (FB=4.032 dengan α=0,05), (3) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, (4) terdapat perbedaan perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual, (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Gaya belajar visual, gaya belajar kinestetik, Keterampilan Berpikir Kritis This research aims knowing and analyzing the effect of problem based learning (PBL) model against critical thinking skill seen from students’ learning style with The Post Test Only Control Group Design. The sample of the research was 130 students who were chosen by using random sampling technique. The obtained data was analyzed using two-ways analysis of variance (ANAVA) through F test and continued by t-Scheffe test. The research discovers: (1) there is a significant difference on critical thinking skill between the students taugh by using problem based learning model and those taught by using cooperative learning model STAD type (FA=7.939 with α=0,05), (2) there is a significant difference on critical thinking skill between the students having visual learning style and those having kinesthetic learning style (FB=4.032 with α=0,05), (3) there is an interaction between teaching model and learning style the students’ critical thinking skills, (4) there is a significant difference on critical thinking skill between group of students taught by using problem based learning model and those taught by using cooperative learning model STAD type for the students who own visual learning style, (5) there is no significant difference on critical thinking skill between group of students taught by using problem based learning model and those taught by using cooperative learning model STAD type for the students who own kinesthetic learning style. keyword : problem based learning model, cooperative learning model STAD type, visual learning style, kinesthetic learning style, critical thinking skill