KOMPARASI MODEL PEMBALAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 SUSUT BANGLI
Main Authors: | ., IDA AYU NYOMAN TRISNA DEWI, ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si., ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1847 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI), (2) perbedaan motivasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI), (3) perbedaan prestasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Susut tahun pelajaran 2014/2015.Rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan non equivalent pretes-posttest control group design. Dengan populasi siswa kelas X yang berjumlah 144 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik random pasang.Dari 4 kelas yang sudah setara akan dirandom untuk menentukan 2 kelas sebagai sampel penelitian, yakni 1 kelas akan dibelajarkan dengan modelpembelajaran inkuiri terbimbing dan 1 kelas lagi akan dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation (GI).Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuisioner dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif, kemudian dianalisis secara statistik dengan analisis descriptif interpretatif dan MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) (Fhitung=8,3 ), (2) terdapat perbedaan motivasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) (Fhitung= 5,474), dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) (Fhitung=12,258)Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, group investigation, motivasi belajar, prestasi belajar This research aims at recognizing and analyzing : (1) the difference of learning motivation and Biology learning achievement between group of students taught by guided inquiry learning model and group of students taught by group investigation (GI) learning model, (2) the difference of biology learning motivation between group of students taught by guided inquiry learning model and group of students taught by group investigation (GI) learning model, (3) the difference of biology learning achievement between group of students taught by guided inquiry learning model and group of students taught by group investigation (GI) learning model. This research was done at Susut 1 Senior High School in the year of 2014/2015. The research design was quasi experiment using non equivalent pretest-posttest control group design; with the population of the tenth grade students was 144 which were distributed into 4 classes. The sample selection used couple-random technique. From the 4 equivalent classes, they were ordered randomly to decide 2 classes that would be sample of the research, in which 1 class was taught using guided inquiry learning model and 1 class was taught using group investigation learning model (GI). Data of learning motivation was collected using questionnaire and the data of learning achievement was collected using objective test, then they were analyzed statistically using the analysis of interpretative descriptive and MANOVA. Based on the result of the research, it can be concluded that : (1) there is a difference of learning motivation and biology learning achievement between group of students taught by guided inquiry learning model and those taught by group investigation leaning model (GI) (Fcount = 8,3), (2) there is a difference of Biology learning motivation between group of students taught by guided inquiry learning model and those taught by group investigation leaning model (GI) (Fcount = 5,474), and (3) there is a difference of biology learning achievement between group of students taught by guided inquiry learning model and those taught by group investigation leaning model (GI) (Fcount = 12,258)keyword : guided inquiry learning model, group investigation, learning motivation, learning achievement