KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII
Main Authors: | ., I MADE MULIYANA, ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si., ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1844 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan: (1) keterampilan berpikir kreatif dan keyakinan diri antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) keyakinan diri antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan postest only control group design. Populasi penelitian berjumlah 179 orang dan sampel penelitian yang digunakan berjumlah 96 orang. Dua instrumen pokok penelitian yaitu tes keterampilan berpikir kreatif dan angket keyakinan diri. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis MANOVA. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif dan keyakinan diri antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (F=10,63; p