Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMK dengan Setting Project Based Learning (PjBL) untuk Mengembangkan Soft Skill Siswa
Main Authors: | ., NI MADE SRUTI RAHAYU, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., DR. NI MADE PUJANI, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1843 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMK dengan setting project based learning (PjBL) yang valid, praktis dan efektif dalam mengembangkan soft skill siswa. Metode yang digunakan adalah Ressearch and Development (R&D) mengacu pada model 4-D dengan tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas X kelompok teknologi SMK Negeri 1 Susut pada tahun pelajaran 2014/2015 (n = 33), sedangkan obyek penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi perangkat, lembar observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan angket respon siswa. Data tentang validitas dan kepraktisan perangkat yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif, sedangkan data keefektifan dalam mengembangkan soft skill dianalisis menggunakan uji- t pihak kanan dengan α sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,56, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata 3,7, dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran berada pada kategori sedang (efektif) dalam meningkatkan soft skill siswa. Soft skill siswa setelah pembelajaran dengan perangkat pembelajaran lebih baik daripada sebelum diterapkannya perangkat pembelajaran fisika SMK dengan setting project based learning.Kata Kunci : Perangkat pembelajaran fisika SMK, Project Based Learning, soft skill. This study aims to produce vocational physics learning device with project based learning settings (PjBL) is valid, practical and effective in developing students soft skills. The method used is Ressearch and Development (R & D) refers to the 4-D models suggested Thiagarajan with stages that define, design, develop, and disseminate. The subject in this study are technology group 1th class at SMK 1 Susut in the school year 2014/2015 (n = 33), and the object is vocational physics learning device. Data were collected using the validation sheet, observation sheet, teacher questionnaire responses and student questionnaire responses. Data about the validity and practicality of the device that has been collected were analyzed descriptively, while data on effectiveness in developing soft skills were analyzed using t uji- right side with α of 0.05. The results showed 1) the learning device developed are in the category of very valid with an average of 3.56, 2) the practicality of learning tools that are in the category of very practical with an average of 3.7, and 3) the effectiveness of learning in middle category (effective) in improving the soft skills of students. Soft skills of students after learning better after the implementation of learning tools than before the implementation of vocational learning device physics with project based learning settingskeyword : Vocational physics learning device, Project Based Learning, soft skills.