PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Main Authors: | ., NI LUH PUTU WILIUDIARI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., DR. I B. JELANTIK SWASTA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1841 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektivitasan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan scientifik dengan model discovery yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Subjek dari penelitian ini adalah dua orang dosen sebagai ahli, delapan orang guru sebagai praktisi serta siswa SMP sebagai responden. Data dikumpulkan menggunakan lembar validitas untuk mendapatkan kevalidan perangkat yang dikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan, lembar respon guru dan lembar respon siswa untuk mendapatkan kepraktisan perangkat yang dikembangkan, serta tes hasil belajar IPA untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa diolah menggunakan analisis uji t (one sample test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata skor validitas untuk materi esensial 3,51, LKS 3,53, silabus 3,53, RPP 3,49, alat evaluasi 3,51. Validitas perangkat yang berhasil dikembangkan dikategorikan valid dan layak digunakan. (2) hasil penelitian keterlaksanaan perangkat pembelajaran diperoleh skor 3,52 dengan kriteria sangat praktis, respon guru terhadap pembelajaran diperoleh skor 3,55 dengan kriteria sangat praktis, dan respon siswa terhadap buku siswa diperoleh skor 3,53 dengan kriteria sangat praktis. (3) Setelah dilakukan test hasil belajar dilakukan analisis menggunakan SPSS, didapatkan 1,833. Sementara nilai pada tabel t dengan nilai signifikan sebesar 5% dan dengan degre of fredom 29, adalah 1,699. Sehingga sesuai dengan hipotesis yang disusun dapat disimpulkan bahwa perangkat yang disusun efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran,Berbasis Pendekatan Scientifik,Model Discovery,Hasil Belajar This research aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of Science learning devices developed based to scientific approach with discovery model to improve outcomes of Junior High School students. The subject of this research are two lecturers, eight teachers, as well as one class (30 students) junior high school students. Student learning outcomes data is processed using t test analysis (one sample test). The results showed that: (1) the average score validity for essential materials 3.51, LKS 3.53, 3.53 syllabus, lesson plans 3.49, 3.51 evaluation tool. Validity device is successfully developed categorized valid and fit for use with an average score of 5.52. (2) the results of the feasibility study of learning obtained a score of 3.52 with a very practical criterion, the teacher's response to learning score of 3.55 was obtained with a very practical criterion, and the students' response to the book students obtained a score of 3.53 with a very practical criteria. (3) analysis of learning outcomes obtained t count t table 1.83 to 1.69 with a significance level of 5%, based on these results it is known that a device developed to be effective in improving student learning outcomes. keyword : Learning device, Based on Scientific approach, Discovery Model, Outcomes Learning