PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SAINS BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Main Authors: | ., WAYAN DESY PURNAMI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1671 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif sains biologi untuk siswa kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pengembangan dilaksanakan dengan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey, meliputi: (1) penetapan materi pembelajaran dan kompetensi dasar, (2) analisis kebutuhan, (3) pengembangan media pembelajaran, dan (4) uji coba media pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah ahli, guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kintamani tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif tentang validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: (1) validitas media pembelajaran berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata validitas 4,16, dan validitas perangkat pendukung media berada pada kategori valid dengan nilai validitas buku petunjuk media 4,42, RPP 4,45 dan LKS 4,67, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran ini valid. (2) kepraktisan media pembelajaran berada pada kategori sangat praktis, dengan rata-rata nilai keterlaksanaan media pembelajaran 3,48, rata-rata nilai respon guru 3,37 dan respon siswa 3,52. Secara keseluruhan media pembelajaran ini praktis. (3) keefektivan media diperoleh dari rata-rata skor angket motivasi belajar 3,78 dengan kategori tinggi, dan nilai rata-rata tes hasil belajar 79,04 dengan ketuntasan 95,83% (≥75%), sehingga memenuhi kriteria efektivitas. Hal ini berarti, media pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat diimplementasikan dalam lingkup yang luas.Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, motivasi belajar, hasil belajar. This research aimed to produce a learning media of biology for VIII grade student which has criteria of validity, practicality and effective to improve the student’s motivation and learning result. Dick & Carey development model was used to develop the media which consist of several phases: (1) determining of subject matter and basic competence, (2) need analyzing, (3) developing the media, and (4) trying out the media. The subjects of this research were the expert judges, science teachers and the eighth grade students of SMP Negeri 3 Kintamani 2014/2015 academic year. Descriptive method was used to analyze the validity, practicality and effectiveness of learning media. The result of this research were: (1) the validity of learning media is counted to valid category with validity average score 4,17, and its complement instrument also counted to valid category with average score of media instructional book 4,42, lesson plan 4,45 and student work sheet 4,67, that’s why this media was valid. (2) The practicality of media is counted to very practical with the average score of feasibility 3,48, teacher’s response 3,37, and student’s response 3,52. Based on this datas, this media was generally practise (3) the effectiveness of media were observed from the average score of motivation questioner which was in high category (3,78), and the average score of final learning result was 79,04 with 95,83% completeness (≥75%), and these score were comply with the criteria of effectiveness. This result means the learning media was comply with the criteria of validity, practicality, and effectiveness so it could be implied in extensive scope.keyword : interactive learning media, motivation, final learning result.