PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN SETTING SIKLUS BELAJAR 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER SISWA SMP

Main Authors: ., ANAK AGUNG AYU DIAH ANGGRENI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., PROF.DR. NI PUTU RISTIATI, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1667
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran IPA Terpadu dengan setting siklus belajar 5E. Materi yang dipilih adalah Sistem Gerak Manusia. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memodifikasi model 4-D (Four D model), yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasi menjadi 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada penelitian ini hanya dilakukan pada tahap develop (pengembangan) yakni pada tahap uji coba perangkat pembelajaran. Rancangan awal disebut draft I divalidasi oleh ahli dan praktisi, kemudian dianalisis dan direvisi sehingga dihasilkan draft II. Draft II dilakukan uji lapangan terbatas di kelas VIII.11 SMP N 4 Denpasar yang berjumlah 50 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif terhadap validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata validasi buku siswa, 3,6 dan buku pegangan guru 3,7, 2) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria antara praktis dan sangat praktis untuk keterlaksanaan perangkat dan skor rata-rata respon guru 3,59 dan respon siswa 3,7 yang termasuk kategori sangat praktis, 3) Perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran, nilai rata-rata tes literasi sains 8,2 dengan ketuntasan belajar 96%, karakter siswa pada setiap pertemuan terjadi peningkatan dari nilai 2,38 menjadi 3,51.Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran dengan Setting Siklus Belajar 5E, Literasi Sains, Karakter The tipe of the research is research and development. Product developed is the Integrated science learning by setting 5E learning cycle. The material chosen is Human Motion System. Model development of learning tools used in this research is to modify the model 4-D (Four D models, which consists of four stages of development that define, design, develop, and disseminate or adapted into 4-P, which is the definition, design, development, and deployment. In this study only performed on stages develop (development) which is in the testing phase learning device. The initial design called the first draft validated by experts and practitioners, then analyzed and revised so that the resulting draft II. Draft II conducted a limited field test in class VIII.11 SMP N 4 Denpasar, which amounted to 50 students. Methods of research conducted by quantitative descriptive analysis of the validity, practicality, and effectiveness of the learning device. The results were obtained 1) learning tools developed otherwise very valid with an average score validation student book, teacher handbooks 3.6 and 3.7, 2) learning device meets the criteria between the practical and very practical for adherence to the device and the mean scores average response of 3.59 teacher and student response 3.7 which includes a very practical categories, 3) the device has met the criteria for effective learning demonstrated by students in the learning activity, the average value of scientific literacy test 8.2 with 96% mastery learning, the character of the students at each meeting there was an increase of the value of 2.38 to 3.51.keyword : Learning Tool with 5E Learning Cycle Setting, Science Literacy, Character