PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 7E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMP

Main Authors: ., LUH PUTU FRIDA DEWI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1665
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses antara siswa yang belajar dengan model siklus belajar 7E berbantuan peta konsep dan model konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang mengikuti medel siklus belajar 7E berbantuan peta konsep dan model pembelajaran konvensional (3) perbedaan keterampilan proses antara kelompok siswa yang mengikuti model siklus belajar 7E bebantuan peta konsep dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 373 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 74 siswa.penelitian ini menggunakan dua buah instrumen yaitu tes pemahaman konsep dan tes keterampilan proses. Data dianalisis melalui dua tahapan yaitu dengan statistik deskriptif dan analisis multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar 7E berbantuan peta konsep dan model pembelajaran konvensional (F=28,874; p