PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DENGAN SETTING GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS (SCIENTIFIC LITERACY) SISWA SMP

Main Authors: ., NI PUTU DWI ANTARIHATI PRAMESTI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1664
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA kelas VIII SMP dengan setting Group Investigation yang valid, praktis dan efektif meningkatkan literasi sains siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan,Semmel, dan Semmel (1974), yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan hanya dilakukan pada tahap develop. Rancangan awal draft divalidasi oleh ahli dan praktisi, kemudian dianalisis, direvisi dihasilkan draft II, selanjutnya dilakukan uji kelas di SMP Negeri 2 Blahbatuh kelas VIII berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan dengan tes, angket, lembar observasi, dianalisis secara deskriptif tentang validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) validitas peangkat pembelajaran berada pada kategori sangat valid dengan nilai validitas buku siswa 3,72 dan buku pegangan guru 3,59, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat praktis, dengan nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada ketegori praktis dan sangat praktis, rata-rata respon guru 3,68 dan respon siswa 3,52, 3) keefektifan perangkat, nilai rata-rata literasi sains 79,54 dengan ketuntasan 88,24% dan penilaian unjuk kerja dan sikap berada diatas KKM. Berdasarkan temuan hasil penelitian disimpulkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efisien meningkatkan literasi sains siswa, sehingga dapat diimplementasikan dalam lingkup yang lebih luas. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran IPA, Group Investigation, Literasi Sains. The development research aims to generate science teaching device class VIII Junior High School by setting Group Investigation valid, practical and effective increase scientific literacy of students. Software development learning refers to the 4-D model of development suggested by Thiagarajan, Semmel, and Semmel (1974), which define, design, develop, and disseminate. The development is only performed on the stage of develop. The initial design draft validated by experts and practitioners, then analyzed, resulting revised draft II, then performed a test class in Junior High School 2 Blahbatuh VIII class numbered 34 students. Data collected by tests, questionnaires, observation sheets, were analyzed descriptively about the validity, practicality, and effectiveness of the learning device. The results were obtained: 1) the validity of the learning peangkat is the category of very valid with the validity of the book value of 3.72 students and teachers handbook 3.59, 2) the practicality of learning tools that are in the category of very practical, with the value of the feasibility study on the practical category and very practical, the average response of 3.68 teacher and student response of 3.52, 3) the effectiveness of the device, the average value of scientific literacy completeness 79.54 with 88.24% and assessment of performance and attitude above the KKM. Based on the findings of the research study concluded valid criteria, practical, and efficient improving scientific literacy of students, so that it can be implemented in a broader scope. keyword : Learning Tool Natural Science, Group Investigation, Science Literacy.