PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TABANAN
Main Authors: | ., HARIS NURSYAH ARIFIN, ., PROF. I WAYAN SUBAGIA, M.App.Sc.,Ph.D, ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1659 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dengan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dengan model pembelajaran langsung, (3) perbedaan sikap terhadap sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini tergolong jenis eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII semester 1 di SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 94 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kritis dan kuesioner sikap terhadap sains. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Untuk mengetahui besar perbedaan digunakan uji LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (F=32,029, 32,029, 32,029, 32,029; p