PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP LITERASI SAINS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII

Main Authors: ., NI NYOMAN WIDIARI, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si., ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1650
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan literasi sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dan model pembelajaran discovery learning, (2) perbedaan literasi sains antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestik, serta (3) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap literasi sains. Penelitian tergolong eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pretest postest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII semester 1 di SMPN 2 Denpasar tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 165 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling bertahap. Data dikumpulkan dengan kuisioner gaya belajar dan tes literasi sains. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ANOVA dua jalur. Untuk mengetahui besar perbedaan digunakan uji LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan literasi sains yang signifikan antara kelompok model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dan model pembelajaran discovery learning (F=12,020; p