EFEKTIVITAS DIKLAT LESSON STUDY TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL, KOMPETENSI PEDAGOGI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Main Authors: ., I PUTU ASTIKA, ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd, ., Prof. Dr. Ketut Suma, MS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1352
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1352/1040
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kualitas pelaksanaan diklat lesson study pada guru IPA di SMA Negeri 3 Singaraja; (2) menganalisis pengaruh pelaksanaan diklat lesson study kompetensi pedagogi guru (3) menganalisis pengaruh diklat lesson study berpengaruh terhadap kompetensi professional guru SMA Negeri 3 Singaraja; (4) menganalisis pengaruh diklat lesson study terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Singaraja.Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretset-postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data tentang kualitas lesson study dianalisis secara deskriptif, data tentang kompetensi profesional guru serta kompetensi pedagogi guru dianalisis dengan wilcoxon signed-rank test (Uji peringkat bertanda) dan data prestasi belajar siswa dianalisis dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas pelaksanaan lesson study dalam kualifikasi diklat lesson study SMA Negeri 3 Singaraja tergolong sangat baik (98,35); (2) terdapat pengaruh pelaksanaan diklat lesson study terhadap kompetensi professional guruSMA Negeri 3 Singaraja (Z= -2,032; p