Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Main Authors: ., JOHARI MARJAN, ., Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si, ., Dr.I Gusti Agung Nyoman Setiawan,M.Si
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316/1017
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Disigen. Data dalam penelitian ini merupakan data hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan mengunakan analisis statistik multivariat (Manova). Dari hasil penelitian adalah sebagi berikut : 1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik dangan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (F= 40,293;p,