PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP
Main Authors: | ., NI MADE YULIANI, ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd, ., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1276 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji perbedaan model pembelajaran inovatif antara model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian kemampuan berpikir formal dan sikap ilmiah, (2) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir formal antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional, (3) Menganalisis perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 3x2 posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil analisis menyatakan sebagai berikut. (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir formal dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran konvensional (F = 3,020; p