MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION BERPOLA LESSON STUDY MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS
Main Authors: | Tristiantari, Ni Ketut Desia, Sumantri, I Made |
---|---|
Format: | Article info Action Research application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8493 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8493/8616 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bertahap dan multisiklus untuk mendapatkan hasil terbaik. Setiap siklus terdiri atas refleksi awal, dilanjutkan dengan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 3 Kampung Anyar pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 selama kurang lebih delapan bulan dari bulan April hingga bulan November 2016. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar sebanyak 14 orang. Data keterampilan membaca dan menulis siswa diperoleh dengan menggunakan tes keterampilan berbahasa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ((1) rata-rata keterampilan membaca siswa yang pada siklus I sebesar 67, pada siklus II peningkat mencapai 76, (2) rata-rata keterampilan menulis siswa yang pada siklus I sebesar 69, pada siklus II peningkat mencapai 79, (3) pada siklus 1 skor keterampilan membaca siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya mencapai 57,1 %, pada siklus II meningkat menjadi 92,9%, (4) pada siklus I, keterampilan menulis siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya 64,3 %, pada siklus II meningkat secara signifikan mencapai 92,9%. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017