PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTEK RENANG II
Main Author: | Suwiwa, I Gede |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/6063 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/6063/4307 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah teori dan praktek renang II. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan subjek penelitiannya mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar renang gaya dada dan kupu-kupu. Dari analisis data, secara klasikal pada siklus I dan siklus II skor rata-rata aktivitas belajar renang II mahasiswa tergolong aktif dengan perolehan skor 12,91 pada rentang 12,25 ≤ < 15,75 kategori aktif. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 100 % Berdasarkan data siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah teori dan praktek renang II. Disarankan kepada dosen penjasorkes, agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.