UPAYA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR
Main Author: | Sudiana, I Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4489 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4489/3462 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, (2)meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, dan (3)mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap upaya pengembangan soft skills melaluiimplementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajarmahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswaSemester I (Kelas B) Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan GaneshaTahun akademik 2011/2012, yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar sebanyak 22mahasiswa. Objek penelitian ini adalah upaya atau tindakan peningkatan soft skillsmahasiswa yang diterapkan, kepemilikan atribut soft skills mahasiswa, persiapan belajarmahasiswa (tugas reviu), aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, hasil belajarmahasiswa, dan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam penelitian ini dapat (1) meningkatkan soft skills mahasiswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (3)meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (4) mahasiswa memberikan respon positif terhadap upaya pengembangan soft skills yang dimplementasikan melalui modelpembelajaran kooperatif.