Pembahasan Hasil Penelitian dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA
Main Author: | Wayan Wendra, I |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4458 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4458/3431 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keberadaan unsur-unsur bagian pembahasan hasil penelitian dalam skripsi mahasiswa dan, (2) mengetahui unsur-unsur yang luput pada penulisan pembahasan hasil penelitian dalam skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitiannya pembahasan hasil penelitian dalam skripsi mahasiswa tahun terakhir. Objek penelitian adalah keberadaan unsur-unsur pembahasan hasil penelitian dan unsur-unsur yang luput dari penulisan bagian pembahasan. Penelitian ini menggunakan teknik sampel yang diambil secara random dengan jumlah sampel sebanyak delapan belas skripsi. Dengan demikian pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumen dengan menggunakan instrumen format identifikasi unsur-unsur pembahasan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan unsur-unsur pembahasan hasil penelitian pada skripsi mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak ada yang lengkap dengan persentase kelengkapan 83%. Unsur yang luput sama sekali dalam pembahasan hasil penelitian adalah unsur keterbatasan penelitian yang mempengaruhi generalisasi/hasil penelitian dengan persentase 17%. Kalau dirinci bila ditinjau dari keberadaan perunsurnya sebagai berikut: (1) tinjauan tentang hasil-hasil penelitian yang penting sejumlah 100%,(2) pencermatan terhadap hasil yang mendukung/tidak hipótesis sejumlah 100%, (3) Implikasi mengenai studi tentang teori terbaru sejumlah 100%, (4) Saran-saran untuk penelitian lebih lanjut 83%, (5) pertimbangan hasil penelitian ditinjau dari penelitian yang ada sejumlah 61%, dan (6) keterbatasan penelitian yang mempengaruhi generalisasi/hasil penelitian sejumlah 0%. Walaupun persentase kelengkapan unsur-unsur tergolong tinggi itu terbatas pada tinjauan keberadaannya atau ada tidaknya unsur-unsur. Namun dari segi kualitas penyajian pembahasan masing-masing unsur masih perlu ditingkatkan kualitasnya.