PENGARUH PENAMBAHAN TAHANAN LUAR (RLUAR) TERHADAP TORSI MOTOR INDUKSI 3 PHASA JENIS ROTOR BELITAN DL 10120RHD3

Main Author: Abidin, Zainal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusa Cendana , 2017
Online Access: https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jme/article/view/6197
https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jme/article/view/6197/3428
Daftar Isi:
  • Karakteristik motor induksi sebagai penggerak ditentukan berdasarkan parameternya, yaitu : tahanan stator, tahanan rotor, reaktansi bocor stator, reaktansi bocor rotor, reaktansi magnetisasi dan tahanan inti besi. Nilai parameter tidak termuat dalam name plate motor dan nilai parameter dapat dicari dengan melakukan pengujian tahanan DC, pngujian beban nol (no load) dan pengujian rotor tertahan (block- rotor). Pengujian beban nol disimulasikan dengan memaksimalkan tahanan rotor, dimana slip mendekati nol (s = 0) dan pengujian rotor tertahan disimulasikan dengan menahan rotor tetap diam atau menimumkan nilai tahanan rotor, dimana slip bernilai satu (s = 1). Hasil pengujian, parameter motor induksi 3phasa DL 10120RHD3 dengan Tahanan Stator (R1) = 1,77 Ω, Tahanan Rotor (R2) = 0,42 Ω, Reaktansi stator (X1) = 3,51Ω, Reaktansi stator (X2) = 3,51Ω dan Reaktansi magnetik (Xm) = 58,95 Ω. Pengaruh penambahan Rluar mengakibatkan Tstart dan Slip mengalami kenaikan, dimana Rluar = 0 Ω, nilai Tstart = 5,85 Nm, Slip = 0,06 dan Rluar = 6 Ω, nilai Tstart = 43,13 Nm, Slip 0,88 dan Istart mengalami penurunan, dimana Rluar = 0 Ω, nilai Istart = 27,07 A dan Rluar = 6 Ω, nilai Istart = 18,80 A. Hasil pengujian dan perhitungan menunjukkan arah dengan karakteristik sama dengan nilai yang berbeda