PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI KEGURUAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Main Authors: rohmah, Wafrohtur, Rahmawati, Rahmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surakarta , 2012
Subjects:
Online Access: http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/857
http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/857/576
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda.Dari analisis diperoleh persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Y = -1,68 + 0,028X1 + 0,030X2. Pengujian dilakukan dengan uji F dan diperoleh harga Freg = 21,886 > Ftab = 3,19 pada taraf signifikansi 5%. Hasil Freg > Ftab berarti terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik. Sumbangan efektif kemandirian belajar 28,33% dan persepsi tentang kompetensi keguruan 18,85%. Kemandirian belajar mempunyai kontribusi yang lebih besar daripada persepsi tentang kompetensi keguruan dalam mempengaruhi variasi perubahan prestasi akademik.