UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MULTIMEDIA

Main Authors: AISAH, SITI, SOEJOTO, ADY
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/3592
Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah  1) mengidentifikasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe  Teams Games Tournament  (TGT) dengan menggunakan  permainan multimedia 2) mengidentifikasi  aktivitas siswa  dalam  menerapkann model pembelajaran kopoeratif tipe  Teams Games Tournament  (TGT) dengan menggunakan permainan multimedia 3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Teams Games Tournament  (TGT) dengan menggunakan permainan multimedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksaksanaan, pengamatan, refleksi.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe  Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan permainan multimedia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-10 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan data yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Dalam penelitian ini, diperoleh temuan bahwa aktivitas guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan peningkatan pada setiap siklusnya dan aktivitas siswa juga  termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase setiap siklus yang mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT  dengan permainan multimedia mengalami peningkatan.  Kata kunci  :  Pembelajaran kooperatif,  TGT,  Permainan multimedia, Hasil belajar.