ANALISIS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Main Author: | NOER MAHWIYAH, ELI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20436 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20436/18729 |
Daftar Isi:
- Proses belajar merupakan indikator yang dapat melihat berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Secara umum pembelajaran mempunyai tujuan untuk mengadakan perubahan didalam diri individu seperti tingkah laku, mengubah kebiasaan, mengubah sikap, merubah keterampilan, dan untuk menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu. Tujuan pembelajaran dicapai untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal dimana pembelajaran merupakan proses aktif dari setiap individu yang dapat menghubungkan dan mempraktikan pengalaman dan tindakan di suatu lingkungan tertentu. Dalam penilaiannya, hasil belajar digunakan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran pada saat proses pembelajaran yang dapat dibagi menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga untuk mendapatkan tiga aspek tersebut dibutuhkan strategi pembelajaran yang berupa metode pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu pada metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan penelitian telaah pustaka sebagai desain penelitian dengan sumber dari jurnal. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA. Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Siswa