ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Main Author: | NUR AZIZAH, NOVITA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20074 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20074/18373 |
Daftar Isi:
- Kegiatan pembelajaran disekolah mempunyai tujuan untuk membekali siswa mendapatkan pengetahuan, meningkatkan kecerdasan, memberikan keterampilan serta mengarahkan siswa kearah yang positif. Salah satu komponen dalam keberhasilan pembelajaran yang dijadikan tolak ukur guru bisa ditinjau dari hasil belajar yang sudah oleh dicapai siswa. Hasil belajar meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk melihat seberapa jauh pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang sudah diberikan guru dapat dilihat melalui hasil belajar dalam aspek kognitif. Pembeajaran yang berkualitas tergantung dengan kreativitas pengajar, sehinga diperlukan model pebelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian telaah pustaka digunakan sebagai desain penelitian ini dengan sumber dari jurnal. Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA.