Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 7 Surabaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: KHOIRUL ANWAR, M
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/16663
Daftar Isi:
  • Abstrak Untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam pembelajaran, guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model Problem Based Learning dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Selama siklus I, aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 1,92. Artinya, aktivitas siswa termasuk dalam kategori cukup baik. Dalam siklus II, aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 2,26. Artinya, aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 7,89% dan siklus II sebesar 59%. Dapat disimpulkan penerapan problem based learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: problem based learning, elastisitas, hasil belajar. 1990040920152002