Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022
Main Author: | Muh. Hapipi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta/article/view/41 https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta/article/view/41/14 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIIc tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 16 orang. Mengingat kegiatan pembelajaran masa pandemi, dimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara terbatas, setengah dari jumlah siswa setiap kelas masuk sekolah dalam kegiatan pembelajaran secara bergantian berdasarkan absen ganjil dan genap. Terkait dengan itu, subjek penelitian ini adalah siswa yang bernomor absen genap dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengn menerapkan model Cooperative Learning tipe Window Shopping. Siklus pertama dengan materi pengertian, ciri, syarat-syarat dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. Siklus kedua dengan materi bentuk-bentuk interaksi sosial. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 85%. Ketuntasan Klasikal 69 % diperoleh pada siklus I, dapat meningkat pada siklus II menjadi 87.5 %. Sebagai observer adalah dari teman sejawat peneliti. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa dapat meningkat melalui penerapan model cooperative learning tipe window shopping materi interaksi sosial pada siswa kelas VIIc SMPN 1 Selong. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas siswa, dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus yang mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun siklus II. Oleh karena itu, dapatlah kami simpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa dapat meningkat melalui penerapan model cooperative learning tipe window shopping materi interaksi sosial pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun pelajaran 2021/2022.