HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Author: M.Saipul Watoni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta/article/view/207
https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta/article/view/207/100
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian guru dan sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada siswa MTs NW Selebung Ketangga Kecamatan Keruak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII MTs. NW Selebung dengan jumlah 43 siswa dengan sampel penelitian sebessar 22 siswa kelas VIIIA MTs. NW Selebung Ketangga yang diambil dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data keribadian guru dan sosial ekonomi orang tua dan motivasi siswa menggunakan aket menyebarkarkan angket. Data dianalisis dengan tehnik analisis statistik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel kepribadian guru di MTs NW Selebung ketangga termasuk kategori tinggi dengan nilai mean (M) = 46,57 dan standar deviasi (SD) = 3,15 dan variabel sosial ekonomi orang tua di MTs NW Selebung termasuk kategori tinggi dengan nilai mean (M) = 44,93 dan standar deviasi (SD) = 4,5 sedangkan variabel motivasi belajar MTs NW Selebung termasuk kategori tinggi dengan nilai mean (M) = 47,2 dan standar deviasi (SD) = 4,21. 2) variabel kepribadian guru di MTs NW Selebung memiliki skor data normal dengan nilai X2 hitung = 4,928 dan variabel sosial ekonomi orang tua di MTs NW Selebung memiliki skor data normal dengan nilai X2 hitung = 2,419 sedangkan variabel motivasi belajar siswa di MTs NW Selebung juga memiliki skor data normal dengan nilai X2 1,455.termasuk kategori tinggi dengan nilai mean (M) = 47,3 dan standar deviasi (SD) = 4,20 dengan X2 tabel = 11,068 pada taraf kepercayaan 95%. 3) bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian guru dan sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTs. NW Selebung. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan regresi ganda dengan nilai RX1X2Y = 0,29 kemudian dikonsultasikan dengan F-hitung sebesar (7,73) dan F-tabel = 3,81 pada taraf kepercayaan 5% dan dk pembilang (m) = 2 dan dk penyebut (n-m-1) = 19 atau dengan kata lain F-hitung > F-hitung atau (7,72 > 3,80) dengan arah regresi y = 44,8 + 0,009X1. + 0,05X2.