Implementasi Strategi Digital Marketing Yuliastore Olshop, Desa Sukawening, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Main Authors: Siti Titta Partini, Irwan Gustiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STIE Tridharma , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/53
http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/53/14
Daftar Isi:
  • Abstract Many Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia have experienced a decline in sales, apart from the COVID-19 pandemic due to other factors. In order to survive and increase sales again, an effective and appropriate digital marketing strategy is needed. Likewise with Yuliastore Olshop which runs its business in Ciwidey District, Bandung Regency. The research aims to find out how Yuliastore Olshop implements its digital marketing strategy, what obstacles it faces and how to plan to overcome them as a solution to these obstacles. This type of research is qualitative, the data needed are primary and secondary data, with observation and interview data collection techniques. Data analysis technique is done by collecting data, reducing data, presenting data and finally drawing conclusions or conclusions. The results showed that the digital marketing strategy carried out by Yuliastore olshop was using the Akulaku, Shopee and Lazada marketplaces, Search Engine Optimization (SEO), PPC (pay per click) advertising, development strategies and social media. Meanwhile, digital marketing strategies in the form of websites and e-mail marketing have not been implemented. The obstacles faced are price competition and lack of manpower to manage the platform. The plan to overcome the existing obstacles is to reproduce most of the products to be sold in the most efficient way (makloon) in order to be able to compete in setting selling prices and adding workers as needed. In this case, it is recommended to increase product innovation and differentiation so that it has a competitive advantage so that the digital marketing strategy that is carried out can effectively increase the sales value again. Keywords:  Implementation, Digital Marketing, Strategy, Olshop, Marketplaces.     Abstrak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia banyak yang mengalami penurunan penjualan, selain  akibat pandemi COVID-19 juga disebabkan faktor lainnya.   Agar dapat survive dan meningkatkan lagi penjualannya, perlu strategi digital marketing yang efektif dan tepat. Demikian juga dengan Yuliastore Olshop yang menjalankan bisnisnya di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Yuliastore Olshop mengimplementasikan strategi digital marketingnya, kendala apa yang dihadapi dan bagaimanakah rencana penanggulangannya sebagai solusi dari kendala tersebut.  Jenis penelitian adalah kualitatif, data yang dibutuhkan yakni data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik Analisa data dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display dan terakhir adalah conclusions atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan oleh Yuliastore olshop adalah menggunakan marketplace Akulaku, Shopee dan Lazada,  Search Engine Optimization (SEO),  periklanan PPC (pay per click), Strategi afiliasi dan media sosial.  Sedangkan strategi digital marketing berupa website dan e-mail marketing belum diimplementasikan. Kendala yang dihadapi adalah persaingan harga dan kurangnya tenaga kerja untuk mengelola platform. Rencana penanggulangan terhadap kendala yang ada adalah dengan memproduksi kembali sebagian besar produk yang akan dijualnya dengan cara yang paling efisien (makloon) agar dapat bersaing dalam menetapkan harga jual dan menambah tenaga kerja sesuai keperluan.   Dalam hal ini disarankan untuk meningkatkan inovasi produk dan diferensiasi sehingga memiliki keunggulan kompetitif agar strategi digital marketing yang dilakukan dapat secara efektif meningkatkan kembali nilai penjualannya. Kata Kunci: Implementasi, Digital Marketing, Strategi, Olshop, Marketplace.