Rancangan silabus bahasa Inggris bagi pemandu Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia
Main Authors: | Stella Sigrid Juliet, author, Add author: Rahayu Surtiati Hidayat, supervisor, Add author: F.X. Rahyono, examiner, Add author: Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, examiner |
---|---|
Format: | Masters Thesis |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20314274 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan silabus kursus bahasa Inggris bagi pemandu Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia. Penelitian ini berpusat pada pemelajar dan menggunakan ancangan kualitatif dan kuantitatif. Ancangan kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan komunikatif dan mendeskripsikan silabus yang tepat guna berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh melalui hasil wawancara, sedangkan ancangan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner dan dari tes kemahiran berbahasa Inggris. Hasil kuesioner digunakan untuk menyusun profil calon pemelajar. Hasil wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang kebutuhan bahasa Inggris pemelajar. Analisis kebutuhan yang diterapkan meliputi situasi kini dan analisis situasi sasaran. Silabus yang dirancang memuat tugas, keterampilan, sasaran, dan fungsi komunikatif. Silabus yang dihasilkan digunakan sebagai acuan kursus bahasa Inggris pemandu Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia. <hr> <b>Abstract</b><br> This research is conducted to produce English course syllabus for diorama guide of the Nation?s Journey History at Arsip Nasional Republik Indonesia. The research is focused on learners and it is a qualitative and quantitative research. The qualitative research is used for identifying the communicative needs and describing the suitable syllabus based on needs analysis which is obtained from interviews, meanwhile the quantitative research is used for analyzing data obtained from the questionnaires and English proficiency test. The results of questionnaires are used to create profile of the learners. The results of interviews are used to get English needs of the learners. Present situation analysis and target situation analysis are needs analysis applied for this research. Syllabus produced contains tasks, language skills, goals, targets, and communicative functions. It will be used as guidance of special English course for diorama guide of the Nation?s Journey History at Arsip Nasional Republik Indonesia.