UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF PADA GURU SE-GUGUS 2 KECAMATAN TEJAKULA KABUPATEN BULELENG

Main Authors: ., I KETUT WIDIASA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/950
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/950/701
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS SD Se-Gugus 2 Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng dalam mengembangkan silabus dan RPP melalui pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif.. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan subjek sebanyak 27 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumen untuk melihat kompetensi guru menyusun silabus dan RPP. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru menyusun silabus dan RPP. Hal ini terlihat dari tingkat kompetensi guru pada siklus I sebesar 72,49% yang tergolong cukup, meningkat pada siklus II menjadi 85,64% yang tergolong baik. Pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif yang diterapkan mampu mengatasi kesulitan dan hambatan guru dalam pengembangan Silabus dan RPP, karena sifatnya yang kolegial. Tidak ada lagi instruksi yang bersifat menekan, tetapi diskusi atau interaksi yang kondusif, antara peneliti dengan guru maupun guru dengan guru. Kata Kunci : pembinaan profesional, pendekatan kooperatif, kemampuan guru menyusun silabus dan RPP This study is a classroom action based research which aimed at improving the ability of social subject matter teachers in elementary schools which belonged to gugus 2 Tejakula sub-disctrict Buleleng regency in developing syllabus and lesson plan through professional development with cooperative approach. The study was conducted in two cycles toward 27 teachers as the subjects. The data collection was done by documentation study method in order to see teachers’ ability in making syllabus and lesson plan. The data then was analyzed by using statistics descriptive method. The result of the study showed that there was a teachers’ improvement in making syllabus and lesson plan. It could be observed from the teacher’ ability in cycle I about 72,49% which could be categorized sufficient, it improved in cycle II became 85,64% which could be categorized as good. Professional development with cooperative approach which was implemented could solve the teachers’ difficulties and obstacles in developing syllabus and lesson plan, because it was colleague like. There was no instruction which was stressing, between the researcher with the teachers and also among the teachers.keyword : professional development, cooperative approach, teachers’ ability in making syllabus and lesson plan