PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL REKONSTRUKSI SOSIAL VIGOTSKY DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS

Main Authors: ., RIO PRANATA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/948
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/948/699
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model rekonstruksi sosial Vygotsky dengan teknik scaffolding terhadap sikap sosial dan prestasi belajar IPS. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 97 siswa. Data yang dikumpulkan adalah sikap sosial dan prestasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sikap sosial siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 23,108; p < 0,05). Kedua, prestasi belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 37,555; p < 0,05). Ketiga, secara simultan sikap sosial dan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif model rekonstruksi sosial teknik scaffolding terhadap sikap sosial dan prestasi belajar IPS.Kata Kunci : model rekonstruksi sosial, teknik scaffolding, sikap sosial, prestasi belajar IPS This study aimed to determine the effect of the implementation of Vygotsky's model of social reconstruction with scaffolding techniques to social attitudes and social studies achievement. The design of this study using the basic pattern Posttest Only Control Group with quasi-experimental types. Sample was 97 students. The data collected is social attitudes and social studies achievement. Data were analyzed MANOVA using SPSS 17.00 for windows. Research results showed that: First, the social attitudes of students who take lessons with Vygotsky's model of social reconstruction scaffolding technique is significantly better than students who take lessons with the conventional model (F = 23.108; p < 0.05). Second, the social studies achievement of students who take lessons with Vygotsky's model of social reconstruction scaffolding technique is significantly better than students who take lessons with the conventional model (F = 37.555; p < 0.05). Third, simultaneous social attitudes and social studies achievement among students who take lessons with Vygotsky's model of social reconstruction scaffolding technique is significantly better than students who take conventional learning models. Based on the above findings, we can conclude there is positive social reconstruction model of scaffolding techniques to social attitudes and social studies achievement.keyword : social reconstruction model, scaffolding techniques, social attitudes, social studies achievement