PENGARUH IMPLEMENTASI TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III PATIMURA KECAMATAN DENPASAR SELATAN
Main Authors: | ., MADE WAHYUNI INDRAWATI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/944 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/944/695 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran teknik klarifikasi nilai (TKN) bermuatan masalah kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran kovensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan postest only control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Gugus Patimura Denpasar Selatan dengan jumlah populasi 503 siswa. jumlah sampel kelompok eksperimen berjumlah 40 siswa dan pada kontrol 40 siswa.Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner sikap sosial dan tes hasil belajar IPS, sedangkan analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dalam penelitian ini ditemukan (1) Terdapat perbedaan secara signifikan sikap sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran TKN bermuatan masalah kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, (Fhitung = 6,370), (2) Terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran TKN bermuatan masalah kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (Fhitung = 4,040), dan (3) Terdapat perbedaan signifikan sikap sosial dan hasil belajar IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran TKN bermuatan masalah kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional. Berarti bahwa pengaruh pembelajaran TKN bermuatan masalah kontekstual dalam pembelajaran IPS menghasilkan sikap sosial dan hasil belajar IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Konvensional.Kata Kunci : Tkn, sikap sosial, hasil belajar IPS siswa The objectives of this research are to analyze and describe differences in terms of social attitude and learning outcome in social science (IPS) amongst students who had contextually-charged value clarification technique (VCT) learning and those who did not. This research is an experiment with postest only control group design and was carried out at SD Gugus Patimura Denpasar Selatan with number of population of 503 students. Sampling size is 80 students, with 40 students in test group and another 40 in control group. Data was gather from survey on social attitude and IPS learning outcome which was then analyzed using both descriptive and inferential analysis. From our analysis, we find that (1) there is significant difference between social attitude between our two research groups (Fcomputed = 6.370), (2) there is significant difference in learning outcome between the two groups (Fcomputed = 4.040), and (3) there is significant difference in terms of social attitude and IPS learning outcome simultaneously between our research groups. We conclude that contextually-charged (VCT) learning technique yields better outcome in both social attitude and IPS learning result compared to outcome of conventional learning. keyword : VCT, social attitude, learning outcome in social science