PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KUTA SELATAN BADUNG

Main Authors: ., NI KETUT ARMINI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/924
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/924/674
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkatan motivasi berprestasi siswa serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan rancangan post test only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah: random sampling secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkatan motivasi berprestasi siswa serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi. Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajran sains teknologi masayarakat lebih tinggi dibandingan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai FA = 45,089 dengan p