PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD 1 BANJAR ANYAR TABANAN

Main Authors: Dewi, L.P. Yunita, Lasmawan, Wayan, Tika, Nyoman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/791
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/791/576
Daftar Isi:
  • abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ post test only control group design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD 1 Banjar Anyar tahun pelajaran 2012/2013. Sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (2) hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Banjar Anyar Tabanan Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, pembelajaran konvensional, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA. abstract This research aims at acknowledging the influence of problem besed learning toward student’s achievement in science being observed from student’s interest of elementary school student’s. This research is an experiment one with post test only control group design.The population is all students grade four of elementary academic year 2012/2013.The sample being used in this research is random sampling in gradual step. The result of the research pointed that: (1) there is a difference in student’s achievement in science from the students who joined problem based learning and those who joined conventional learning (2) the student’s achievement in science between students who joined problem based learning and students who joined conventional learning toward student’s interests and (3)There is a positive and sinificant contribution between student’s interest and their achievement for grade four elementary school of SD 1 Banjar Anyar Tabanan Keywords: Problem Based Learning, conventional, Student’s interest student’s Achievement in Science.