PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII MTSN MODEL SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Authors: ., Mujenah, Lasmawan, Wayan, Dantes, N.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/790
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/790/575
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan ditinjau dari sikap social siswa kelas VIII MTs Negeri Model Selong Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain post only control groups design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar dan kuisioner sikap sosial. Keseluruhan data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur atauTwo Ways Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional,(2) Terdapat pengaruh intraksi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sikap social terhadap hasil belajar PKn, (3) Pada siswa yang memiliki sikap social tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran kompensional, dan (4) Pada siswa yang mengikuti sikap social rendah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran PKn, hasil belajar, sikap sosial Abstract This study aimed to determine the effect of the implementation of the type of jigsaw cooperative civic education learning outcomes in terms of social attitudes eighth grade students MTs Model Selong East Lombok. This study is an experimental research design with post-only control groups design. The sample was taken at random. Data were collected by using test results and questionnaire study of social attitudes. The data were analyzed by using analysis of variance or two-lane two ways Anova. The results showed that: (1) there is a difference in the learning outcomes of students who take the type of jigsaw cooperative learning model to students who take conventional learning model, (2) there intraksi influence the implementation of cooperative learning model jigsaw type and social attitudes towards learning outcomes Civics, (3) Pada students who have a high social attitudes, there is a difference between the student learning outcomes that follow the model of the type of jigsaw cooperative learning with students who attend conventional learning model, and (4) the students who attend low social attitudes there is a difference in student learning outcomes follow the model of cooperative learning jigsaw type of students who take conventional learning models. Keywords: jigsaw cooperative model type, PKn studies learning, learning outcomes, social attitudes