Kontribusi Supervisi Pembelajaran Pengawas Sekolah, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri Kecamatan Aikmel

Main Authors: ., Muhyi, Dantes, N., Lasmawan, wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/789
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/789/574
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi supervisi pembelajaran pengawas, perilaku kepemim pinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Aikmel, Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian expos facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang tidak signifikan supervisi pembelajaran pengawas terhadap kinerja mengajar (2) Terdapat kontribusi yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru (3) Terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi guru terhadap kinerja mengajar guru (4) Terdapat kontribusi yang tidak signifikan secara bersama-sama supervisi pembelajaran oleh pengawas, perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Aikmel. Kata kunci: supervisi, pembelajaran, perilaku kepemimpinan, kompetensi guru, kinerja mengajar guru. Abstract The main objective of this research is to determine the contribution of instructional supervision of supervisor, principal leadership behavior and teachers competence on teachers performance in teaching elementary school in District Aikmel, East Lombok. This research is expos facto. Data was collected using a questionnaire instrument developed by the researcher. The data were analyzed using regression analysis. The results show that: (1) There is no significant contribution of instructional supervision of supervisor on teachers performance (2) There is no significant contribution between principal leadership behaviors on teachers' performance (3) There is a significant contribution of teachers competence on teachers' performance (4) simultaneously, there is no significant contribution of instructional supervision of supervisor, principal leadership behavior and teachers competence on teachers performance in teaching elementary school in District Aikmel, East Lombok. Keywords: supervision, learning, leadership behavior, teacher competence, teachers' teaching performance.