PENGARUH STRATEGI PAIKEM BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 KORLEKO KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Authors: | ., Yul Alfian Hadi, Dantes, N., Marhaeni, A.A.I.N. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/788 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/788/573 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi PAIKEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan di SDN 6 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur, melibatkan 60 orang siswa sebagai sampel. Penelitian ini termasuk penelitian ekperimen semu dengan desain postest only control group design. Data hasil belajar IPS diperoleh melalui tes hasil belajar IPS yang telah di validasi sebelum digunakan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t test. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran PAIKEM berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional (tHitung = 16,44 > tTabel = 1,697), dimana hasil blajar IPS lebih tinggi terjadi pada siswa yang mengikuti strategi PAIKEM berbantuan media gambar. Kata Kunci: pembelajaran IPS, strategi PAIKEM, media gambar, sekolah dasar. Abstract This research aims at investigating the difference of social learning between students following the learning method of active, innovative, creative, effective, and pleasing (PAIKEM) and those following conventional method. This research was done in SDn 6 Korleko, Labuhan Haji Subdistric, East Lombok involving 60 students as the sample. It was a quasi-experiment with posttest only control group design. The data of social learning was taken using social learning test which has been validated. The gathered data were analyzed using t-test. The result of the research shows that there is a significant difference of social learning between students following the learning method of active, innovative, creative, effective, and pleasing (PAIKEM) and those following conventional method (tobs = 16.44 > tcv = 1.697), where the learning achievement of students following the learning method of active, innovative, creative, effective, and pleasing (PAIKEM) is higher than those following conventional method Keywords: social study, the learning method of active, innovative, creative, effective, and pleasing (PAIKEM), pictures media, elementary school