PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPA

Main Authors: ., Imtihan, Marhaeni, A.A.I.N, Suastra, wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/787
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/787/572
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 180 orang siswa yang diwakili 70 oarang siswa sebagai sampel yang diambil dengan cara random sampling. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan disain post-test only control group. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner motivasi belajar dan data prestasi belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar IPA. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil analisis menunjukkan sebagai berikut. (1); Motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD berbeda secara signifikan dengan siswa yang engikuti pembeljaran konvensional (F = 2962.34; p < 0,05), (2); Terdapat perbedaan yang sigifikan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 0,746; p < 0,05), dan (3); Terdapat perbedaan motivsi belajar dan prestasi belajar secara bersama-sama siswa yang mengikuti pembelajaran STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 2678.55; p < 0,05). Kata kunci: model kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, dan prestasi belajar Abstract This research aims at investigating the effect of cooperative learning type STAD on learning motivation and science learning achievement. The population of this research was 180 students while the sample was 70 students who were taken using random sampling. It was a quasi-experiment with posttest only control group design. The data of learning motivation were collected using questionnaire and the data of science learning achievement were collected using test. The data were analyzed using Manova. The result of the research shows that (1) the learning motivation of students following STAD differs significantly with those learning using conventional learning (F=2962.34; p<0.05), (2) the learning achievement of students following STAD differs significantly with those learning using conventional learning (F = 0,746; p < 0,05), and (3) the learning motivation and learning achievement of students following STAD differs significantly with those learning using conventional learning (F = 2678.55; p < 0,05). Keywords: cooperative learning type STAD, learning motivation, and learning achievement