Pengaruh Penggunaan Tehnik Chain Whisper Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Menyimak Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Pringgasela

Main Authors: ., Apriani Sufiarti, Marhaeni, A.A.I.N, Sutama, Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/786
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/786/571
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik chain whisper terhadap kemampuan menyimak dan minat siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the posttest-only control group desain yang melibatkan sampel sebanyak 80 orang siswa kelas V SDN 6 dan SDN 11 Pringgasela. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan analisis multi variat satu jalur (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak Bahasa Inggris siswa maupun minat belajar bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik cahin whisper lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersam-sama. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan tekhnik chain whisper dalam pembelajaran bahasa inggris mampu meningkatkan kemampuan menyimak dan minat belajar bahasa Inggris siswa. Kata Kunci: tehnik chain whisper, minat belajar, kemampuan menyimak bahasa Inggris. Abstract This study aims to investigate (1) the effect of chain whisper technique on listening skills and learning interests of students simultaneously (2) The effect of chain whisper technique on listening skills (3) the effect of using chain whisper technique on learning interest. This research was quasi experiment of the posttest-only control group design which involved sample of 80 fifth grade students of SDN 6 and SDN 11 Pringgasela. Results of the research show that English listening skills and learning interests of students who take lessons using chain whisper technique is higher than the group of students who take conventional learning. These results also demonstrate that using chain whisper techniques in learning English can improve listening skills and students' interest in learning English. Keywords: chain whisper technique, learning interest, listening skills.