Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Tingkat Kecemasan Belajar Siswa
Main Authors: | ., Muhlisin, Dantes, N., ., Sariyasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/779 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/779/564 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat kecemasan belajar siswa kelas IV SD Gugus III Pancor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan analisis varian dua jalur. Sebanyak 120 orang siswa kelas IV SD gugus 3 Pancor sebagai populasi sekaligus sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Qhitung = 1.409 > Qtabel = 0,361), (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa (FABhitung = 6,200 > Ftabel = 0,005), (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran PMR dan konvensional pada siswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi (Qhitung = 1.147 > Qtabel = 0,361), (4) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti PMR dan konvensional pada siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah (Qhitung = 1.147 > Qtabel = 0,361) Kata kunci : pendekatan matematika realistik, hasil belajar matematika, tingkat kecemasan belajar siswa. Abstract This research aims at investigating the effect of realistic mathematics approach on mathematics learning achievement viewed from anxiety level of fourth grade students of Cluster III elementary school Pancor. It was an experimental research with the analysis of two-way analysis of variance. 120 students of fourth grade students of Cluster III elementary school Pancor were used as the population and the sample. The result of the research shows that: (1) there is a significant difference of mathematics achievement between students following realistic mathematic approach and those following conventional learning (Fhitung = 1.409 > Ftabel = 0,361), (2) there is an interaction between learning approach and anxiety level on students’ mathematics achievement (FABhitung = 6,200 > Ftabel = 0,005), (3) for those having high level of anxiety, there is a significant difference of mathematics achievement between students following realistic mathematic approach and those following conventional learning (Qhitung = 1.147 > Qtabel = 0,361), (4) for those having low level of anxiety, there is a significant difference of mathematics achievement between students following realistic mathematic approach and those following conventional learning (Qhitung = 1.147 > Qtabel = 0,361). Keywords: realistic mathematics approach, mathematics learning achievement, students’ learning anxiety level