PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DITINJAU DARI MINAT BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS 1 AIKMEL

Main Authors: Atasani, Ida Melati, Marhaeni, A.A.I.N, Sutama, Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/778
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/778/563
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa ditinjau dari minat Berbahasa Indonesia siswa SD. Penelitian ini merupakan eksprimen semu dengan menggunakan rancangan post test only control group design yang melibatkan sampel 108 orang siswa kelas V Gugus 1 Aikmel yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua tes, yaitu tes kemampuan berbicara siswa dan tes minat Berbahasa Indonesia siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Anava Dua-Jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa yang mengikuti metode pembelajaran bermain peran lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Perbedaan ini konsisten meskipun diadakan pengendalian atas minat siswa dalam Berbahasa Indonesia. Disarankan agar metode pembelajaran bermain peran digunakan dalam pembelajarn Bahasa Indonesia di SD. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Minat Berbahasa dan Kemampuan Berbicara Abstract This research aims at investigating the effect of implementation of role play method on the speaking ability of Bahasa Indonesia viewed from the interest of using Bahasa Indonesia of elementary students. This study is a quasi-experimental of a post-test only control group design which involves a sample of 108 students of class V Cluster 1 Aikmel taken using random sampling. The data were collected using two tests; speaking ability test and the test of the interest of using Bahasa Indonesia. The data obtained were analyzed using Two-way Anova, and the followed by Tukey's test. The results of study shows that the speaking ability of students learning using role play method is higher than those using conventional learning method. This difference is consistent even held control over the students' interest in Indonesian Language. It is suggested that the learning methods used in role playing Indonesian learning in elementary school. Keywords: Role Play Method, Interest of using language, and Speaking Ability