PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN 3 PANCOR
Main Authors: | Huda, Nurul, Marhaeni, A.A.I.N, Suastra, wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/764 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/764/549 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Quantum terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN 3 Pancor, melibatkan 60 siswa. Kelompok kontrol kelas IVB sebanyak 30 siswa , kelompok eksperimen kelas IVC sebanyak 30 siswa ditentukan dengan tehnik random sampling. Pembelajaran Quantum sebagai variabel bebas, motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA sebagai variabel terikat. Data dikumpul dengan menggunakan kuesioner dan tes penguasaan konsep IPA. Data dianalisis dengan Manova berbantuan SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran Quantum dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional(F = 26,47; p < 0,05 ), (2) terdapat perbedaan secara signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran Quantum dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 26,36; p < 0,05), (3)terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA siswa yang mengikuti pembelajaran Quantum dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 26,14 ; p < 0,05 ). Kata kunci: Pembelajaran Quantum , motivasi belajar , dan penguasaan konsep IPA. Abstract This study aims to determine the effect of Quantum learning on learning motivation and mastery of science concepts of fourth grade students. This study was an experimental research conducted at SDN 3 Pancor, involving 60 students. The control group was 30 students of IV B class, the experimental group was 30 students of IVC class. The class were determined using random sampling technique. Quantum Learning is the independent variable, learning motivation and mastery of science concepts are as the dependent variables. The data were collected using questionnaire and mastery of science concepts test. The data were analyzed using Manova with the assistance of SPSS 16.0 for Windows. The result of the analyses shows that: (1) there is a significant difference in learning motivation between students learning using quantum learning and those using conventional learning (F = 26.47, p <0.05), (2) there are significant differences between the science concept mastery between students learning using quantum learning and those using conventional learning (F = 26.36, p <0.05), (3) there are significant differences in learning motivation and mastery of science concepts between students learning using quantum learning and those using conventional learning (F = 26.14, p <0,05). Quantum learning can be said to affect student motivation and the mastery of science concepts. Keywords: Quantum Learning, learning motivation, and mastery of science concepts