PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V SD TUNAS DAUD

Main Authors: Nugroho, Siswo, Marhaeni, A.A.I.N, Candiasa, Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/666
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/666/451
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan teknik random sampling terhadap kelas dan desain eksperimen yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Tunas Daud dengan mengambil dua kelompok sampel berjumlah 40 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ANAKOVA satu jalur. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes dan data motivasi berprestasi dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI berdampak lebih baik terhadap prestasi belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, meskipun diadakan pengendalian terhadap motivasi berprestasi yang terbukti berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: TAI, Prestasi Belajar, Motivasi Berprestasi. Abstract The main purpose of this study was to identify the effect of TAI type of cooperative learning on the students’ mathematic achievement as viewed from the students’ achievement motivation. This study was a quasi-experimental study applying random sampling technique to the class and the posttest-only control group design. Population in this study was grade five of Tunas Daud Primary School by taking two groups of samples consisting of 40 students, they are, class VA as the experimental class and class VC as the control class. The data analysis used one way ANACOVA. Learning achievement data was taken from a test and achievement motivation data was gathered through a questionnaire. The result of the study revealed that TAI type cooperative learning had a better impact on the students’ mathematics learning achievement compared to the conventional learning model, in spite of the fact that there was a control implemented on the achievement motivation which proved to contribute on the students’ mathematic achievement. Keywords : TAI, Mathematics achievement, Achievement motivation.